Pengkatagorian User Moodle , seting hak akses

Friday, June 25, 2010 Friday, June 25, 2010 By sahidslow , In , ,

Pengkatagorian user merupakan salah satu yang ada dalam rangkaian sistem e-learning yang dibangun menggunakan moodle ato apa aja.. tentunya dalam pengkatagorian ini ada beberapa cara dan konsep dasar. namun dalam aplikasi moodle sudah ada default kategori2 yang telah di buat dan si admin tinggal menyesuaikan nya.. seperti

- Administrator (Penguasa Jagad Moodle)

- Creat course (asdos)

- Teacher (guru / dosen)

- No edit teacher (asisten guru / dosen)

- student (murid / mahasiswa (rakyat jelata xixiixxii))

- Guest (tamu / orang lewat)

Nah dari sekian banyak default pengkatagorian yang ada tentunya digunakan apa tidaknya tergantung dari konsep sistem e-learning yang kita bangun.

nah biar enak liat gambar ya.. hehehe

login lah anda dengan user admin dan pilih menu


* elearning
* / ► Administration
* / ► Users
* / ► Permissions
* / ► Define roles


Nah liat gambar di atas  jelas to hohoooooo itu lah pengkatagoriany default nya :)

selanjutnya misalkan sistem yang kita bangun itu Guru atau dosen dapat masuk dan ikut berpartisisapi ech berpartisipasi dalam semua kelas yang ada maka dalam proses pengkatagorian ini kita dapat digunakan.. Namun bila di setiap kelas memiliki guru / siswa yang berbeda atau misalkan (kelas pemrograman hanya bisa di akses mahasiswa yang mengontrak dan yang tidak mengontrak tidak bisa ikut berpartisipasi) maka dalam pengkatagorian user ini harus dilakukan pada masing-masing kelas yang ada :)

1. Pengkatagorian user , setiap user bebeda dalam setiap kelas yang ada.
seperti pada gambar di bawah ini interfacenya bila sistem yang anda bangun masing masing kelas berbeda user yang ikut berpartisipasi..

pilih menu



ini tempatnya kita ingin menginputkan dosen / mahasiswanya ,



nah begitu pengaturan user bila setiap user dan kelas berbeda...

2. Pengaturan user bila user yang berpartisipasi sama pada setiap kelas yang ada

nah selanjutnya ini..  bila konsep sistem yang anda bangun seperti ini maka lakukan pengkatagorian user melalui default user kategori yang telah di sediakan oleh moodle hehhe.

caranya pilih menu

* elearning
* / ► Administration
* / ► Users
* / ► Permissions
* / ► Define roles
 Gambrny seperti ini



hahahahaa.. sama toh dengan gambar yang pertama tadi hehehee.. ya memang... biar agak lebar lah dikit ni page heheee.. ^_^. nah memang disinilah tahap awal pengatagorian nya :) pertama kita lakukan pemindahan dahulu user-user nya agar terkelompok dalam kategori nya... caranya  pilih menu
  • elearning
  • Administration
  • Users
  • Permissions
  • Assign system roles

Pada gambar di ataslan kita mulai memisahkan setiap user-usernya..  contohnya bila kita ingin masukkan mengisi user mahasiswa klik aja nama kategori. kemudian tahab selanjutnya lakukan pemindahan user-user
seperti pada gambar di bawah ini...

Nah di situlah kita memindahkan user' untuk jadi mahasiswa , begitu juga dengan kategori yang lain

Selanjutnya pengaturan hak akses dari masing-masing kategori user dengan memilih menu


pada gambar di atas silakan klik menu edit  pada nama kategori yang anda pilih.. misal kan kita pilih mahasiwa akan tampak gambara seperti di bawah ini..



 nah disitulah tempatnya.. kita mengatur apa-apa saja hak akses dari setiap kategori anggota pada gambar di atas di misalkan menggunakan kategori mahasiswa.. Ohya itu gambarnya masih panjang lagi ke bawah... Bahasanya bahasa londo. wakakkaa.. pening dah klo ngak ngerti.. heheheehehe...

Ok itu lah.. Semoga bermanfaat..

4 comments:

Anonymous said...

hem...tq mbh...

Friday, June 25, 2010 9:11:00 PM
mbah sahid said...

hemmm.. ok ok anri' hehehee @_@!

Friday, June 25, 2010 9:23:00 PM
BJuser said...

Gan, ane numpang coba ya tutorialnya, terima kasih

Wednesday, December 19, 2012 10:55:00 AM
Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Wednesday, September 21, 2022 2:56:00 PM

Post a Comment