web videoconference

Friday, April 9, 2010 Friday, April 09, 2010 By sahidslow

web videoconference, berbicara soal video tentu kita tak asing lagi dengan kata itu diperkembangan teknologi yang kian pesat dan maju seperti sekarang ini.  nah terus bagaimana dengan video conference? menurut id.wikipedia.org menerangkan bahwa :Konferensi video (Inggris: videoconference) adalah seperangkat teknologi telekomunikasi interaktif yang memungkinkankan dua pihak atau lebih di lokasi berbeda dapat berinteraksi melalui pengiriman dua arah audio dan video secara bersamaan.

seperti penjelasan dari web tersebut maka dapat disimpulkan bahwa komunikasi jarak jauh seperti tatapmuka langsung namun tatamuka nya di gantikan dengan video dan suara melalui audio. nah kok bisa? ya tentu bisa karena diteknologi ini menggunakan vasilitas component peralatan audio video, video di wakili menggunakan camera web(web cam) atau dengan camera yang lebih canggih lagi untuk mendapatkan gambar yang lebih baik. dan audionya(suara) di wakili menggukana component peralatan mocrofone atau yang biasa kita gunakan headphone(bukan Hape ya hehe).  kedua peralatan itu merupakan peralatan pendukung yang sangat berarti untuk proses interaksi antar user dan bahkan bisa di katakan multi user.


kemudian bagai mana dengan web video conference?
nah untuk web video conference , seperti di kata pertamanya web artinya ini termasuk dalam bentuk situs atau home page. artinya . videoconference nantinya berlangsung proses interaksinya menggunakan media web, dan sofware pendukungnya menggukan webrouser. hehhe asik bukan..!

jika kita atau sebuah organisasi ingin membangun sistem ini yang utama di persiapkan terlebih dahulu adalah servernya yang terkoneksi internet, karena server ini digunakan untuk meletakkan aplikasi agar dapat beroperasi di internet namun bila cukup menggunakan LAN atau MAN juga bisa kok :).

berikut beberapa aplikasi yang di butuhkan untuk membangun webvideo conference.

1. OS Linux atau yang lain
2. openmeetings
3. dimdim
4. webroser

nah untuk sekarang mungkin baru itu. untuk proses instalasinya menyusul. kebetulan ini saya angkat untuk TA saya hehehee..

0 comments:

Post a Comment