Implementasi Web Video Conference pada Sistem E-learning (moodle)

Friday, October 8, 2010 Friday, October 08, 2010 By sahidslow , In , , ,

Alhamdulilah akhirnya aq bisa nulis ini yang merupaakan nazarku sewaktu menjalani skripsi
:)  saya akan menulis tentang ini untuk pembaca siapapun n diamanapun.

ok langsung saja. sebenarnya apa yang akan kita lakukan dan hasilnya apa?


Hasilnya nanti di harapkan akan membuat sebuah sistem video conference yang akan di gunakan

untuk proses pembelajaran jarak jauh atau e-learning. sebagai pengganti dari sistem

pembelajaran konvensional dengan pembelajaran konvensional elektronik.




A. Persiapan

1. satu buah pc atau virtual macine seperti vm ware ato sejenisnya

2. aplikasi moode yang telah di install dan berjalan dengan baik

3. LAN (local area Network) atau jaringan Virtual di virtual machine

4. Koneksi Internet

5. Distro Linux Ubuntu Server atau Dekstop

6. aplikasi Openmeetings

7. Smangat..... Untuk Belajar :) heheheh ini Yang Fardu..! bin Harus :)


B. Membangun Server Video Conferencenya :)

Pada bagian ini telah dianggab distro linux Ubuntu yang digunakan sebagai OS servernya

telah berjalan dengan baik dan terkoneksi internet. dan telah di update dengan perintah

berikut dan telah masuk sebagai user root

#sudo su

# apt-get update
# apt-get install aptitude




1. Install Aplikasi Server pendukung

a. install mysql server

# aptitude install mysql-server


b. install XVFB dan OpenOffice

#aptitude install xvfb  openoffice.org


 c.Install  Image Magick and Ghost script

#aptitude install imagemagick  gs-gpl


d.  Install SWFToos

#aptitude install swftools

e. Install Java dan Red5

#aptitude install sun-java5-bin
#aptitude install  sun-java5-demo

f. Install openlazslo

#wget http://download.openlaszlo.org/4.0.6/openlaszlo-4.0.6-unix.tar.gz
#tar -xvf openlaszlo-4.0.6-unix.tar.gz
#mv lps-4.0.6/ /opt/


2. Seting Servernya
Pada bagian ini OS Ubuntu Server yang akan kita gunakan telah di terinstall dengan baik
dan terkoneksi internet. dan masukklan sebagai  user root

a. Buatlah direktori /root/tmpOpenmeetings
#sudo su
#mkdir /root/tmpOpenMeetings/
#cd  /root/tmpOpenMeetings/

b. mengedit source pada openoffice pada bagian :

ketikkakan :
#nano  /usr/lib/openoffice/share/registry/data/org/openoffice/Setup.xcu

dan edit pada bagian : , sehingga seperti ini




dan simpan..

c. install lah phpmyadmin untuk mengmudahkan membuat database buatlah sebuah database pada

mysql server untuk tutorial install phpmyadmin bisa di baca di sini. buat data base

openmeetings

3. install openmeetings
a. download openmeetings dengan mengetikkan perintah berikut
#wget http://openmeetings.googlecode.com/files/openmeetings051.zip
#unzip openmeetings051.zip

4. copy kan filenya ke sini
#cp openmeetings/conf/mysql_hibernate.cfg.xml openmeetings/conf/hibernate.cfg.xml

5.sekarang edit untuk setingan database yang digunakan
#nano openmeetings/conf/hibernate.cfg.xml

seting bagian ini dan ini sebelum di seting:

mendjadi :




6. buatlah server red5 agar selalu runing dengan membuat setingan berikut:
#xvfb-run --server-args='-screen 0 800x600x16' -a /usr/lib/openoffice/program/soffice -headless -nologo -norestore &
#export JAVA_HOME=/usr/lib/jvm/java-1.5.0-sun
#/opt/lps-4.0.6/Server/tomcat-5.0.24/bin/startup.sh
#/etc/init.d/red5 start

 

dan bukalah dan isntall openmeetings di brouser anda akses pada :
http://$YOUR_IP:5080/openmeetings/Install
untuk install nya bisa di lihat di sini
contoh: http://192.168.0.1:5080/openmeetings/Install  ikuti semua perintahnya:
kira kira seperti ini hasilnya : klo dha jadi














selajutnya masuklah pada e-learning anda.. pada kali ini saya menggunakan moodle

dan masuk delam satu kelas dan membuat sebuah materi berbentuk web dan saya hubungkan dengan 

iframe .

baiklah semoga bermanfaat.. 



banyak terimakasih saya haturkan kepada semua pihak yang telah membantu saya sehigga saya bisa menyelesaikan skripsi saya dengan baik.. 
khususnya untuk bu' eriya , beny long. sebagai pembimbing 
staf pascasarjana STIKOM DB Jambi
dindaQ, rosnah dan warnet eldita  yang telah memberikan suport yang extra hehehhe
dan allah yang paling utama :) 

Bagian ini g penting hahahah :D










8 comments:

Anonymous said...

Keren.... abiszzz..

Wednesday, October 13, 2010 6:51:00 PM
sahidslow said...

Anonymous said...

Keren.... abiszzz..

hehhehe... Trimaksih.. semoga bermanfaat dan ada yang mau ngembangin lagi hehheee

Thursday, October 14, 2010 6:23:00 PM
Anonymous said...

Alhamdulillah, terima kasih mas bwt ilmunya. mohon ijin n do'a restu ya mas mau ngembangin lagi artikel diatas utk jd TA. tp sebelumnya mau mengajukan judul dulu ke dosen pembingingku. :D

Thursday, March 03, 2011 9:21:00 PM
Anonymous said...

gan ni kok openlaszlo ga bisa di extract maaf yaa saya newbie mohon bantuannya ya

Monday, August 08, 2011 3:27:00 AM
chalil said...

bagus bgt... saya akan ajuin TA tentang openmeetings dan elearning juga. kalo bole saya minta contact-nya saya mau sharing


thanks

munawar.khalil87@gmail.com

Wednesday, May 30, 2012 5:28:00 PM
BJuser said...

artikelnya cukup menarik dan bermanfaar, terima kasih..

Wednesday, December 19, 2012 10:52:00 AM
Sudarmin Sastro Utomo said...

tulisan yang sangat bermanfaat, apakah bisa sy belajar tahapan pembuatan nya yang lebih real dan pasti. kalauboleh kirim dong tutorial nya agar bisa kami praktikkan. terima kasih
ini email saya darsamawa@gmail.com trimaksih

Wednesday, May 28, 2014 9:19:00 AM
rinshiori said...

akhirnya saya menemukan tahapn2 cara2 implementasi openmeeting, saya ingin belajar tahapnnya lebih jauh pak untuk TA saya. apakah ada tutriol lebih lengkapnya pak? jika ada dan diizinkan apakah boleh saya minta dan untuk di praktikan ke dalam TA saya. terimakasih...
berikut email saya pak, nisafidona0596@gmail.com

Saturday, March 26, 2016 2:11:00 PM

Post a Comment