Settingan Penting Moodle saat Pindah server Baik Local Maupun Hosting

Monday, March 22, 2010 Monday, March 22, 2010 By sahidslow , In , ,

Telah lama rasanya ngak menulis di blog, kn sibuk dengan kuliah hehheee..  nah kali ini aku kan mencoba  mensharing sedikit, tentang setingan penting moodle saat pindah server maupun mau dihosting,  tulisan ini terinspirasi dari seorang teman sekampus yang sedang TA  menggunakan moodle tapi saat dia memindahkan aplikasi yang dia buat dari moodle ech,, semua setingan dia lenyap bahkan ngak bisa di buka web moodlenya.  walah cerita terus woke kita langsung saja .



A. Persiapan tempur
 1.  file-file moodle, baik folder moodle/moodle data maupun data mysql nya
 2.  editor php, tapi kali ini menggunakan notepad juga gpp hehehe.

B. Proses dasar
1. Pindahkan semua file moodle seperti ( moodle dan moodledata (ini nama folder bila default saat installasi))
2. Buka PHPmyadmin dan buatlah 1 database yang sama saat masih di server asal (ex   nama db: moodle)
3. Import kan file mysql bacupkan anda yang anda export dari  PHPmyadmin server asal.

C. Proses lanjut

Keterangan Gambar :
 1.  Pada No 1. yang penting ialah cek nama database yang di gunakan oleh moodle itu, 

 2.  Pada No. 2. merupakan login databasenya/ login mysqlnya baik user/paswordnya

 3.  Pada No. 3.  menerangkan Lokasi file utama dari aplikasi Moole yang anda buat, pada server xampp dan  appserv berbeda lokasi, ini yang sering terjadi bila pindah jenis server lokal yang di gunakan, begitu juga pada saat di hosting, harus lihat dan cermati di mana meletakkan file utama ini. tinggal di sesuaikan.

4. Pada No. 4. sama dengan no3,  dan file ini adalah file penyimpanan setingan per user dan file dari proses upload yang terjadi di proses pembelajaran di kelas virtual.  moodledata merupakan nama folder default dari proses instalasi pertama. 

nah mungkin itu saja.. smoga bermanfaat.

selanjutnya saya ucpkan terimakasih untuk Moodle kn sudah membantu saya menyelesaikan Kerja Praktek saya dengan Sukses. dan tak lupa untuk Pembimbing  sekaligus Kaprodi Ibu Eriya, saya ucapkan banyak terimakasih atas bimbingan dan Hasil nilainya hehheheeee :). dan ucapan terimakasih juga Untuk dinda Sebagai Motifasi dan pemacu smangat pertama, hehehee..
halah jadi kayak kata pengantar Laporan.. hahahahaaa..

1 comments:

Anonymous said...

saya udah coba, tapi kenapa database yang terpindah bukan database yang baru saja dicopy ya?tapi masih database yang lama. ketika saya coba import lagi, malah error (errno:121). saya cari info banyak yg bilang itu kesalahan foreign key ato apa itu saya ga ngerti @.@ mohon penjelasannya. makasih..

Friday, December 09, 2011 9:40:00 AM

Post a Comment