Membangun E-Learning Dengan Moodle

Monday, August 31, 2009 Monday, August 31, 2009 By sahidslow , In , ,


Moodle ya moodle Buat heboh di kampus aku ngak kalah dong cariu untuk update ilmu heheheh ^_^ Akhinya mulai sibuk mantengi Mbah google muter muter ampe puyeng di mata ech kepala t,ternyata moodle ngak jau beda dengan joomblo ech joomla yang intinya hanya mngolah konten saja ya bedanya moodle khusus untuk E-Learning dan system yang ada di rancang untuk mengolah konten learning..
Moodle merupakan kumpulan file php yang di rancang untuk mengolah konten-konten yang ada agar lebih praktis dalam penyajian baik dalam seting dan pengaturan file moodle juga hampir sama dengan CMS (conten management system) joomla.proses installasi tak jauh berbeda dengan install CMS biasa nya hanya saja moodle mempunyai service variable yang global off,oleh karena itu jika menggunakan local server yang memiliki service global on harus di rubah menjadi off. Kali ini kita menggunakan paket aplikasi local server yang memiliki service service off yaitu XAMPP.

Moodle memiliki beberapa interface utama yang di gunakan untuk interaksi antara user dan apliksi ,agar komunikasi antara pendidik dan perserta didik dapat terlaksana dengan baik. Interface ini secara garis besar antara lain ialah interface halaman utama ,interface admin,interface dosen/pendidik, interface mahasiswa/peserta didik.
Untuk lebih lanjut silakan download makalahnya di link berikut..


Tulisan ini dibuat untuk menyukseskan Lomba Blog Open Source P2I-LIPI dan Seminar Open Source P2I-LIPI 2009.  

0 comments:

Post a Comment