Connect Flash Disk on Ubuntu Server

Monday, August 31, 2009 Monday, August 31, 2009 By sahidslow , In , ,

Dahulu... saya pernah mengalami masalah saat mau membecup/copy file yang sudah saya seting dan akan saya pindahkan ke ubuntu server pada waktu itu saya memakai ubuntu server 9.04 jaunty. karena dahulu baru coba-coba menggunakan versi server karena awalnya saya hanya memakai versi dekstop. duch pusing dan Bingung banget. karena di unbuntu server ngak bisa langsung connect gitu aja seperti di versi dekstop yang langsung otomatis Connect. Akhirnya aku memutuskan untuk tanya sama mbah google muter muter ampe puyeng ngak juga ketemu.hahahahahah.. setress dech.. ^_^ akhirnya aku tanya dengan temen yang dulu pernah aku tanya soal server lain kayaknya dia jago banget Ubuntu nya hehehee via YM . dan ini hasil percakapan kami.


plaza_widya is using a different version of Yahoo! Messenger. Certain features may be unavailable.

Mbah_sahid...: kk
Mbah_sahid...:
plaza_widya: yup
Mbah_sahid...: boleh tanya sedikit
plaza_widya: silakan
Mbah_sahid...: semalem aku coba install ubuntu server  dan dah instal Lamp
Mbah_sahid...: tapi pas nyolok flash diskk kok gak bisa kebaca ya
Mbah_sahid...:
plaza_widya: iya
Mbah_sahid...: aku instalnya di Vmware
plaza_widya: mkdir /mnt/flashdisk
Mbah_sahid...: ok bentar aku coba y akk
plaza_widya: dmesg -tail
plaza_widya: liat ada tulisan2 sdb / sdc / sd blablabla
plaza_widya: kl udah
plaza_widya: mount /dev/sdb1 /mnt/flashdisk
plaza_widya:
plaza_widya: itu misalkan di dmesg -tail ktmunya sdb1
Mbah_sahid...: ia
Mbah_sahid...: aku coba dulu ya kk
Mbah_sahid...:
plaza_widya: huokeh
Mbah_sahid...: pas colok flash muncul coment kyk gini
Mbah_sahid...: buffer I/O on device sdb1,logical block
plaza_widya: nah
plaza_widya: itu brarti SDB1
plaza_widya: mount /dev/sdb1 /mnt/flashdisk
Mbah_sahid...: hehehehe
Mbah_sahid...: can'find
Mbah_sahid...: pas mount mucul itu kk
Mbah_sahid...: wakakkakak
Mbah_sahid...: mksh kk
Mbah_sahid...: bisa kk
Mbah_sahid...: mksh



ternyata begitu ceritanya... ternyata intinya dalam pembuatan direktori hehehe.. beritku ringkasan percakapan itu 1.pertama kita create direktori dahulu di dalam direktori mnt
># mkdir mnt/flash
2. baru kita Tancap bin colok tu flash di port USB ( entar nongol keterangan dari new hard ware itu biasanya sdb1/sdb2/sdb3/sdc1 itu biasanya..
3. sudah enter aja.. trus kita kasih permision nya. dengan perintah
># mount /dev/sdb1 /mnt/flash
4. teken Enter
5. tes masuk ke direktori flash nya.. di
># cd /mnt/flash ># dir
6. Nongol dech smua file nya.. sudah Tinggal copy paste aja yang perlu hehehehhe ucapan terimakasih untuk mas plaza_widya kn dah mau nurunin ilmunya thaks ya sob.. smoga bermanfaat...


Tulisan ini dibuat untuk menyukseskan Lomba Blog Open Source P2I-LIPI dan Seminar Open Source P2I-LIPI 2009

6 comments:

Areef Dh said...

mantap sob... :D nice info.... :)

Tuesday, September 01, 2009 1:24:00 AM
Anonymous said...

wah makasih bro :) thank ya

Thursday, May 20, 2010 7:00:00 PM
Anonymous said...

Kan bisa tinggal install ssh trus di remote pake winscp kan bisa boos. mudah n simple.

Thursday, September 09, 2010 11:41:00 AM
mbahsahid said...

iya... tentu banyak cara.. makasih sharenya :)


namun menurut saya sih kudu di kenalin dulu flashnya :)

nah klo remote bisa juga pake putty :) intinya klo remot juga kudu flashnya di kenalin dulu :) dengan os nya :)

Tuesday, September 14, 2010 5:04:00 PM

Post a Comment