Stikom Goes Open Source

Sunday, November 1, 2009 Sunday, November 01, 2009 By sahidslow , In


Open source..!! tentunya kita yang terlibat di dunia komputer sudah tak asing lagi mendengar kata ini, sebenernya apa sich Open Source ini??  menurut primbon wikipedia indonesia menerangkan bahwa : ( Sumber terbuka (Inggris: open source) adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu / lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code)internet) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi )


Nah bayang kan klo suatu sistem di kerjakan dan di kembangkan secara terbuka apa yang terjadi.. heheh ( mikir mikir mikir )  tentunya akan bermunculan ke kreatifatisan smua manusia yang bebas mengembangkan open source sesuai dengan kebutuhan masing masing ^_^. contohnya : linux , open office,joomla,,moodle,asterisk,dan masih banyak lagi applikasi yang berdiri di Open Source .

selain Gratisan,mudah di dapatkan,dan tapi hadal loch.. Ada sebuah harapan dari saya pribadi di kampus di mana saya menuntut ilmu Stikom Dinamika Bangsa Jambi. ingin rasanya ada sebuah komunitas Yang membahas tentang Open Souce. tentunya akan sangat bermanfaat untuk mahasiswa yang menuntut ilmu di sana. lebih mengenal dengan Open Souce baik dari App OS , mau pun App lain. karena menurut analisa saya pribadi. andaikan Indonesia menggunakan OpenSource , akan mengaakibatkan Penghematan Biaya yang sangat besar. dan dana yang di hemat bisa di alihkan dalam pengembangan infrastuktur dan paradigma rakyatnya. ya seperti yang kita ketahui. Negara kita masih banyak sekali yang hidup di bawah garis kemiskinan dan oleh karena itu untuk sekolah pun sangat susah,( seperti penulis sendiri merasakan sulitnya mendapatkan kesempatan pendidikan yang layak).

dan open Source merupakan suatu kesempatan yang sangat besar yang bisa dipelajari untuk meningkatkan kreatifitas setiap individu maupun kelompok. dan bila di Stikom db jambi ada komunitas Open source , aku yakin mahasiswa akan lebih condong ke opensource dan lebih bisa mengembangkan opensource untuk kemajuan bangsa dan negara. dari padangan saya  ada bebarapa hal nantinya bila mahasiswa/i mengenal dan akrab dengan open source.

1.Applikasi OpenSource mudah di dapatkan di internet .

2. Applikasi OpenSource Mudah di pelajari.

3. Applikasi OpenSource perkembanganya sangat pesat.

4. OpenSource meningkatkan kekratifan mahasiswa.

5. OpenSource Menghemat biaya Oprasional kampus dan mahasiswa.

6. OpenSouce dapat di jadikan acuan yang besar untuk kemajuan skill mahasiswa.

7. Begitu banyak Fitur- fitur OpenSource yang dapat di manafaatkan dan di gunakan untuk kebutuhan menurut bakat dan minat masasiswa. baik dari, programing,web,network dll.

8. Applikasi OpenSouce handal dan bisa di modifikasi sesuka pemakai.

9. Oppensource dapat meningkatkan tali persaudaraan antara pecinta opensource , karena menurut pengalaman penulis orang- orang pecinta opensource tak segan-segan untuk mengajarin , menunjukkan dan membimbing bagi pemula yang benar-benar ingin belajar opensource.

Nah bagaimana pendapat anda tentang masadepan OpenSource berikutnya..?

banyak sekali orng yang berfikir bahwa orng yang suka opensouce dan linux itu harus orng yang pintar.. menurut saya itu salah. manusia tak ada yang pintar namun di nilai dari rajin apa tidaknya.

bagai mana dengan pemikiran orng yang menganggab orng yang suka OpenSouce khususnya linux identik dengan perusakan / hacking? menurut saya pemikiran itu pemikiran yang sangat kolot dan tak bertanggung jawab karena perusakan ,hacking itu tergantung dari individu , jahat atau baik. dan kita juga pernah mendengar istilah black hacker dan white hacker kan..!!

trus bagai mana dengan anda? mau di monopoli dan di peralat dengan Suatu Institusi dengan produknya.?? atau anda ingin bebas menggunakan app sesuai dengan kemauan anda?? hanya anda yang bisa menjawab.?


An sahid
Tulisan ini dibuat untuk menyukseskan Lomba Blog Open Source P2I-LIPI dan Seminar Open Source P2I-LIPI 2009.

2 comments:

Areef Dh said...

marii... dukung STIKOM-DB Go Open Source...... :D

Monday, November 16, 2009 9:56:00 PM

Post a Comment